Translate This Blog

Penemuan Obat Anti Kanker

Posted byUnknownonSaturday 23 February 2013

Share on :
Para ilmuwan mengklaim telah berhasil menghasilkan obat bernama Cordycepin yang berasal dari jamur ulat Cordyceps sinensis. Namun, ini masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut. 

http://media.zenfs.com/id_ID/News/DuniaFitness.com/Jamur-Ulat-Cordyceps-Sinensis.jpg

Ulat yang berasal dari dataran tinggi Tibet ini memiliki musuh terbesar bernama Cordyceps sinensis atau biasa dikenal sebagai jamur ulat. Ulat-ulat pasti langsung mati ketik diserang oleh jamur ini. Sebab, ulat diserang ketika berada dalam kondisi berhibernasi. Dalam kondisi suhu minus 40 derajat Celcius di plato tersebut, ulat-ulat biasanya akan berhibernasi, dan di situlah jamur-jamur ini menanti.


Tapi, jamur ini ternyata memiliki fungsi berbeda bagi manusia. Para ilmuwan akhirnya menghasilkan obat bernama Cordycepin yang berasal dari jamur Cordyceps. Obat ini dijanjikan berfungsi sebagai anti-kanker. Dijelaskan dalam jurnal yang dirilis di University of Nottingham School of Pharmacy, Inggris, Cordycepin memiliki anti-inflamasi yang kuat.


Inflamasi adalah reaksi alami tubuh terhadap rangsangan negatif dan jadi bagian penting dari sistem imunitas manusia. Namun, inflamasi yang tidak terkontrol bisa menyebabkan asma, radang sendi, dan memperparah kanker. Obat anti-inflamasi yang ada saat ini tidak berkhasiat manjur bagi beberapa pasien. Di sinilah peran Cordycepin dibutuhkan.


Meski demikian, masih diperlukan penelitian lebih mendalam sebelum akhirnya diujikan pada pasien. Saat ini, selain diketahui keunggulannya, Cordycepin juga memiliki efek samping berupa melemahkan sistem imun dan menghalangi penyembuhan luka.

399comments

«Oldest ‹Older 401 – 399 of 399 Newer› Newest»
«Oldest ‹Older 401 – 399 of 399 Newer› Newest»

Post a Comment