Translate This Blog

Tips Menjadi Pemimpin yang Baik

Posted byjiwa mationWednesday, 24 April 2013

Share on :
Para pemimpin yang sukses memang memiliki naluri mengambil keputusan. Karena mereka telah berulang kali melakukannya, mereka menjadi kebal terhadap tekanan dan amat intuitif dalam proses pengambilan keputusan yang paling penting dan strategis. Inilah mengapa para eksekutif senior sering bilang, mereka mengandalkan “firasat” dalam mengambil keputusan sulit dalam waktu cepat.

Inilah 15 langkah menjadi pemimpin yang baik versi 2menitsaja

1. Membuat orang lain nyaman untuk terus terang

Kita sering melihat pemimpin yang terasa “seram” karena titel dan kekuasaan mereka. Nah, pemimpin yang sukses mampu mengalihkan perhatian terhadap diri mereka, dan mendorong orang lain untuk menyuarakan pendapat. Mereka jagoan dalam membuat orang lain nyaman untuk terus terang dan berbagi pandangan. Para pemimpin sukses justru mampu menciptakan suasana yang ramah dan akrab.

2. Mengambil keputusan

Pemimpin sukses adalah pengambil keputusan yang ahli. Mereka bisa melakukannya dengan memfasilitasi dialog, agar para kolega dapat meraih kesimpulan strategis, atau mereka bisa melakukannya sendiri. Mereka fokus “membuat sesuatu terwujud” sepanjang waktu — sebuah pengambilan keputusan yang menyuburkan kemajuan perusahaan. Para pemimpin sukses tidak membuang-buang waktu di masalah yang mengganggu momentum. Mereka tahu caranya mengambil 30 keputusan dalam 30 menit.

3. Komunikasikan target

Pemimpin sukses juga ahli komunikasi, dan ini sungguh terasa ketika mereka sedang berbicara mengenai “target kerja”. Mereka mengingatkan kolega mereka tentang nilai-nilai perusahaan dan target — memastikan visi mereka benar-benar dapat dipahami dan diterjemahkan dalam langkah nyata.

Saya pernah punya bos yang sering mengomunikasikan harapan dia terhadap bawahannya. Dengan begitu, kami jadi bisa fokus dan tetap berjalan sesuai jalur. Prosedur sederhana yang dia lakukan — yakni menyampaikan harapan — terbukti meningkatkan kinerja kami dan membantu kami mengetahui siapa saja di antara kawan-kawan yang tidak dapat memenuhi standar.

4. Menantang orang untuk berpikir

Pemimpin sukses memahami kemampuan serta kelemahan kolega mereka. Mereka menantang kolega untuk berpikir, dan membantu mereka untuk lebih mengembangkan kemampuan. Jenis pemimpin seperti ini amat piawai dalam mendorong perkembangan pegawai, sehingga orang tidak mudah terlena serta terus tumbuh.

Jika Anda tidak berpikir, Anda berarti tidak belajar hal yang baru. Jika Anda tidak belajar, berarti Anda tidak berkembang — dan lama-lama Anda akan jadi tidak penting di pekerjaan.

5. Dapat diandalkan

Pemimpin sukses membiarkan dirinya diatur oleh kolega. Perhatikan: diatur, bukan dikendalikan. Pemimpin membuktikan diri dapat diandalkan sehingga para bawahan jadi yakin bahwa mereka akan dibantu ketika dalam kesulitan.

Dengan membimbing dan mendukung pegawai, sikap dapat diandalkan juga menunjukkan bahwa bos tidak cuma peduli dengan kariernya, tapi juga karier pegawai.

6. Memberi contoh

Memberi contoh terdengar gampang, tapi kenyataannya banyak pemimpin yang gagal di hal yang satu ini. Nah, pemimpin sukses memberi dan melaksanakan contoh yang mereka berikan. Mereka tahu bahwa mereka diamati oleh bawahan.

7. Mengukur dan menghargai kinerja

Pemimpin hebat selalu punya “denyut” terhadap kinerja bisnis dan orang-orang yang bekerja keras. Mereka tidak hanya memperhatikan angka-angka, tapi juga secara aktif menghargai kerja keras orang — apa pun hasil akhirnya. Pemimpin sukses tidak pernah sebelah mata memandang pegawai yang bekerja keras “karena memang sudah seharusnya”.

8. Senantiasa memberi masukan

Pemimpin sukses selalu memberi masukan kepada bawahan dan juga mau menerima masukan. Caranya? Dengan menciptakan suasana kerja yang penuh rasa percaya. Mereka sendiri sudah memahami betapa pentingnya masukan, sejak awal karier mereka dulu.

9. Bongkar-pasang tim dengan benar

Para pemimpin hebat tahu benar kemampuan dan keahlian bawahan. Sehingga, mereka sangat cermat dalam menentukan “formasi pemain”. Mereka mengetahui pegawai mana yang harus ditugaskan untuk mengatasi situasi tertentu.

10. Bertanya dan mencari nasihat

Pemimpin sukses melemparkan pertanyaan dan mencari nasihat setiap waktu. Dari luar, mereka sepertinya tahu segalanya. Tetapi dari dalam, mereka sebenarnya haus pengetahuan dan selalu mencari cara mempelajari hal baru karena mereka ingin meningkatkan kemampuan mereka dengan nasihat orang lain.

11. Mengatasi masalah, tanpa menunda

Pemimpin sukses segera mengatasi masalah langsung ke akarnya. Mereka tidak menunda-nunda masalah. Kalau ada masalah, mereka juga tidak kabur. Mereka tahu bahwa orang bisa maju bila melakukan hal yang orang lain tidak suka.

12. Energi dan perilaku positif

Pemimpin sukses menciptakan budaya kerja yang positif sehingga para bawahan termotivasi bekerja. Mereka disukai dan dihargai. Mereka tidak mau momentum terganggu oleh kegagalan.

13. Menjadi guru

Banyak pegawai mengeluh, bos mereka tidak mau lagi mengajari mereka. Tetapi pemimpin sukses tidak pernah berhenti mengajari bawahannya, sebab mereka sendiri juga haus pengetahuan. Pemimpin sukses akan meluangkan waktu untuk membimbing kolega mereka serta mendukung pegawai yang memang terbukti mampu untuk maju.

14. Memperkokoh hubungan

Pemimpin yang sukses tidak berfokus mempertahankan “kerajaannya” justru sebaliknya, mereka mengembangkan wilayah dengan memperkokoh hubungan yang saling menguntungkan. Pemimpin sukses berbagi hasil kesuksesan untuk menciptakan momentum dengan mereka yang ada di sekeliling.

15. Menikmati tanggung jawab

Pemimpin sukses memang menyukai jadi pemimpin. Bukan karena kekuasaan yang didapat, tapi karena dampak bermanfaat yang bisa mereka ciptakan. Bila Anda sudah meraih posisi senior, ini berarti Anda harus melayani orang lain dan Anda baru bisa melakukannya bila benar-benar menyukai pekerjaan.



NOTE:
Pada akhirnya, pemimpin sukses akan mampu mempertahankan keberhasilan karena 15 hal yang dibahas di atas dapat membantu mereka meningkatkan nilai organisasi, dan di saat yang bersamaan mengurangi risiko.

204comments

«Oldest ‹Older 1 – 200 of 204 Newer› Newest»
Mazinu Mazure26 April 2013 17:25

setuju !
memang sebagai seorang pemimpin harus ditanamkan jiwa seperti itu n jangan asal ngambil keputusan tanpa melihat sisi kanan kirinya!

jiwa mati27 April 2013 10:44

bener bang :-d

Jona Rendra27 April 2013 11:40

saya masih punya banyak kekurangan dari 15 langkah diatas, gak cocok jadi pemimpin

jiwa mati27 April 2013 12:18

jangan berkecil hati bang....pasti BISA...OPTIMIS dong |o|

wahyu27 April 2013 12:46

Setuju gan,,pemimpin itu harus dapat diandalkan dan bertanggung jawab...

jiwa mati27 April 2013 12:55

bener :-d

Wong Ndablek27 April 2013 13:28

Mudah2an pemimpin negeri ini membaca artikel sobat... dan kita bisa menjadi pemimpin yang baik buat keluarga kita...

zaidan27 April 2013 14:39

wawa wah ane masih kecil gan blom bljar begituan

Nurus Shaleh27 April 2013 15:09

wah bagus ni postingannya! bisa dijadiakan acuan jika jadi pemimpin kelak!!!! terimakasih ya gan!!! kunjungan balik dari "galericatatan.blogspot.com"

Faceblog Evolutions27 April 2013 16:17

waduh saya sama sekali gak cocok sama yang diterangkan diatas nih, mesti gak bakal jadi pemimnpin deh

bener banget gan, ini posting bisa menjadi acuan bagi yang ingin menjadi pemimpin :-bd

Kunjungan balik gan

jiwa mati27 April 2013 18:48

BIG AMIN... bener |o|

Anthonie27 April 2013 18:49

Memang betul gan, jadi pemimpin harus jadi contoh yang baik dan bijaksana serta tegas... makasih gan udah share 15 langkah menjadi pemimpin :)

jiwa mati27 April 2013 18:52

tapi sejak kecil harus di ajarkan menjadi pemimpin yang baik di masa depan :-d

jiwa mati27 April 2013 18:53

ok bang |o|

jiwa mati27 April 2013 18:55

jangan PESIMIS dong bang...mesti OPTIMIS menjadi pemimpin..OK!!

jiwa mati27 April 2013 18:56

ok |o|

jiwa mati27 April 2013 18:57

ok bang |o|

Many-cara27 April 2013 22:20

Nice info gan.
berkunjung ke blog ku juga ya.. :)

Thedragao Blog27 April 2013 23:55

wah keren nih..
dan artikel yang bermanfaat :)

Naz Cules27 April 2013 23:59

andai pemimpin bangsa ini memiliki karakter seperti yang sobat tuliskan di atas maka Indonesia akan menjadi negara yang tentram, pemimpin dan rakyat akan saling memahami...
salam blogger..

NetterKu28 April 2013 09:31

Thnaks bget gan,
langkah2 di atas saya rasa bakaln bermanfaat utk saya jika nnti sudah jdi pemimpin rumah tangga!

Dicoba28 April 2013 09:32

keren sob infonya, saya memang ingin jdi pemimpin suatu saat nanti, pemimpin yg kyk jokowi!

Click Di Blogspot28 April 2013 09:34

langkah2 nya sgt bermanfaat gan,,,,sgt bermanfaat buat para pemimpin masa depan

jiwa mati28 April 2013 10:51

thx :-d

jiwa mati28 April 2013 10:56

ya bro =D

jiwa mati28 April 2013 10:58

insyallah pasti akan ada seorang pemimpin bangsa indonesia seperti itu kelak |o|

jiwa mati28 April 2013 11:02

ok..semoga menjadi pemimpin rumah tangga yg hebat ya |o|

jiwa mati28 April 2013 11:03

hidup jokowi hahaha :p

jiwa mati28 April 2013 11:05

BIG AMIN... :-d

SEOCONIA 828 April 2013 12:27

Makasih yaa gan udah share :)

jiwa mati28 April 2013 12:30

ya :-d

Blog Bandaro28 April 2013 13:18

Pada point 1. Membuat orang lain nyaman untuk terus terang mungkin bisa untuk terus terang, tetapi tidak selalu bisa membuat orang nyaman. Karena bagaimanapun seorang pemimpin yang baik itu tidak akan bisa menyenangkan dan memuaskan semua kalangan. Akan pasti ada keputusan yg tidak memuaskan dan akan tidak menyenangkan bagi anggota tertentu

RandiB28 April 2013 16:33

Intinya jadi pemimpin itu susah gan,jadi pemimpin keluarga saja susah apalagi dengan berjuta umat :)

visit back ya

jiwa mati28 April 2013 19:01

bener |o|

jiwa mati28 April 2013 19:02

apa salahnya kita belajar menjadi pemimpin dari yang kecil dulu :-d

Febrian Aries28 April 2013 19:45

nice share :d thanks invonya |o|

jiwa mati28 April 2013 19:54

ye :-d

Info Seputar Bola29 April 2013 05:03

Saya akan berusaha menjadi sifat2 di atas untuk menjadi pemimpin yg baiik . .

DiGugel - Berita Terbaru29 April 2013 09:01

keren deh mas artikelnya |o|

Mantap nih artikelnya. wajib di coba.

rpl-yes29 April 2013 14:56

Wooow aku ingin jadi pemimpin yang baik :)
jadi terima kasih triknya

comeback

Zona Ikan29 April 2013 20:19

wahhh .. cocok ini untuk di praktekan menjadi pemimpin yang baik :)

saemunsquare30 April 2013 12:46

wah keren nih. boleh tuh di contohin. hehe :D

jiwa mati30 April 2013 16:24

ok bang :-d

jiwa mati30 April 2013 16:25

thx bang :-d

jiwa mati30 April 2013 16:26

ok bang |o|

jiwa mati30 April 2013 16:27

ok...di coba yah bang :-d

jiwa mati30 April 2013 16:31

wajib banget di praktekin bang heheh :-d

jiwa mati30 April 2013 16:33

wajib d contohin bang hehhe :p

SI Markotop30 April 2013 17:13

nice share gan hehee
mampir yah gan, hehe, jangan sampe enggk :)

http://blogmarkotop.blogspot.com/

Ari Muhamad30 April 2013 17:41

keren gan infonya, nice sharing |o|

Rahmat Aziz1 May 2013 10:29

wahini tulisan bagus banget, gak kayak kebanyakan. Tetapi jadi pemimpin tetap harus sesuai dengan aturan agamanya.

Planet Pengetahuan1 May 2013 10:48

harus dibaca, dimengerti dan dilakasanakan...

jiwa mati1 May 2013 19:29

ye |o|

jiwa mati1 May 2013 19:30

ok :-d

jiwa mati1 May 2013 19:31

bener banget bang :D

jiwa mati1 May 2013 19:32

wajib banget bang :-d

Kang Jum2 May 2013 15:45

Andai pemimpin kita punyai semua itu bro?

jiwa mati2 May 2013 16:07

ya bro...pasti gak ada tuh koruptor di negri kita yg tercinta ini :-d

Motamatika2 May 2013 20:40

Langkah yang nomer 1 itu mungkin susah karena pegawai biasanya takut untuk terus terang, mungkin takut dimarahi atau malah dipecat :D

jiwa mati3 May 2013 13:43

bener bang hahahah |o|

Ilham Yahya3 May 2013 18:11

izin Praktekin dlu gan |o|

Secret-Me3 May 2013 18:12

Kunbal done gan

Izin Di praktekin dlu :-d

jiwa mati4 May 2013 14:35

ok bang |o|

jiwa mati4 May 2013 14:35

ok |o|

Achmed Islamic Hernawan6 May 2013 15:36

mudah2an aku bisa menjadi pemimpin yg layak. amieenn...

jiwa mati6 May 2013 19:21

amin...doain gue juga bang |o|

Darwin E Syahputra7 May 2013 04:23

kaya'nya yg NO.6 deh yg musti dcari...
siapa yg bisa tunjuk jempol!!!!! |o| |o| |o|

jiwa mati7 May 2013 16:48

gue bisa bang heheh |o|

Trackers10 May 2013 19:42

Andai saya menjadi seperti itu, haha.... akan saya coba bro

fantasy pria15 May 2013 18:30

menarik tulisanya bang,,, sangat membangun :)

jiwa mati17 May 2013 14:11

ok..wajib d terapkan ya |o|

jiwa mati17 May 2013 14:12

thx bang |o|

Buret21 May 2013 02:12

terima kasih mas, telah membawa saya kemari, 15 point yang menarik sekali untuk disimak, saya tertarik no 7, bos yang bisa menghargai kinerja anak buahnya, terima kasih ulasannya mas, izin save artikelnya ya mas

jiwa mati21 May 2013 14:52

wajib di ketahui agar menjadi pemimpin yg baik kelak :-d

herman199228 May 2013 16:16

Terimakasih atas tipsnya, sangat bermanfaat sekali

jiwa mati28 May 2013 20:04

ye bang |o|

artikel yang sangat keren dan bermanfaat sekali gan buat saya.,.

poin-poinnya lengkap pula..terima kasih sudah mau berbagi.,.

jiwa mati10 June 2013 06:25

iya..semoga bermanfaat yah :-d

Bang Ancis10 June 2013 22:19

Hmmm.. setuju dengan semua point di atas, hanya saja selama ini kita belum/jarang menemukan sosok seperti ini ya, atau barangkali sudah ada tp sy tidak mengenal mereka?? Pendahulu bangsa ini barangkali?

jiwa mati10 June 2013 22:44

sosok kayak saya bang termasuk d atas heheheh...calon pemimpin bangsa yg adil hehehe |o|

geejhon16 June 2013 14:51

:-bd artikelnya mantap sob...

jiwa mati16 June 2013 20:13

thanks bang |o|

Cybersubah16 June 2013 21:38

Kalau saya belum siap untk jd pemimpin

jiwa mati16 June 2013 22:14

kenapa bang??? @@,

imam mamen19 June 2013 19:38

saya setuju nih sama agan.. tapi ane kayaknya gak pantees nih jadi pemimpin :(
sch-xp.blogspot.com

jiwa mati19 June 2013 19:43

semua lelaki harus bisa jadi pemimpin bang |o|

putri intan25 June 2013 12:37

betul itu sob , saya setuju :-bd
slm silaturah mi http://cuman-cerita.blogspot.com

jiwa mati25 June 2013 18:46

ye :-d

kupinta26 June 2013 00:46

SETUJU BANGET DEH DENGAN 15 TIPS MENJADI PEMIMPIN YANG BAIK. |o|

jiwa mati26 June 2013 19:22

hahahah..iya dahh :-d

Genk Remaja29 June 2013 12:09

Jadi pemimpin diri sendiri aja dulu sob , baru kemudian menjadi pemimpin orang banyak :-)

jiwa mati2 July 2013 06:52

bisa juga bang hehehe =D

Admin Z-T Blog3 July 2013 16:31

jadi pengen jadi pemimpin yg baik.. :D

come back

Anonymous3 July 2013 20:29

artikel yg keren bro, 15 point yg jitu....
Saya seorng pmimpin kcil dlam prusahaan tapi saya blum bisa mlakukan 15 point tsb, tpi saya akn trus brusaha utk mncapai point2 tsb...

jiwa mati6 July 2013 08:09

wajib coyyy |o|

jiwa mati6 July 2013 08:10

oke..saya juga doakan kok =D

Chibi Blog6 July 2013 09:18

Tips tricknya mungkin bsia dicontoh nih buat para pemimpin :D

jiwa mati7 July 2013 08:17

yyeee :-d

Rizky wiguna17 July 2013 00:33

Mksih bro bwat tips nya..nice artikel broo..

jiwa mati17 July 2013 17:34

y :-d

Angga Permana22 July 2013 07:34

wah lengkap juga yah gan :D

jiwa mati23 July 2013 05:56

ya heheh =D

Kang Sun24 July 2013 08:43

Nice shared, Sob...bermanfaat banget bagi aku, karena seorang lelaki itu memang ditakdirkan untuk menjadi seorang pemimpin, setidaknya bagi keluarganya dan dirinya sendiri!

jiwa mati24 July 2013 12:50

bener banget bang..kita jd lealki harus begitu |o|

Kabar Timnas25 July 2013 06:28

WAduh, banyak sekali nih syaratnya..hehehe

yanuar catur25 July 2013 06:29

Boleh lah ini dicoba untuk calon-calon pemimpin bangsa Indonesia tercinta kita.hehehe

jiwa mati25 July 2013 06:59

memang gitu bang heheheh :-d

jiwa mati25 July 2013 07:03

bener =D

it-jurnal.com25 July 2013 16:40

bner banget soob

jiwa mati26 July 2013 06:06

y sob :-d

Obat Darah Tinggi26 July 2013 10:38

Makasih gan tipsnya sangat inspiratif

jiwa mati26 July 2013 21:59

sama2 gan :-d

kuasalangit30 July 2013 05:18

mantep, q praktekin mga sukses do'anx gan

jiwa mati30 July 2013 06:03

iya gan |o|

download software gratis31 July 2013 13:00

mampu memberi contoh saya setuju banget tuh. ^_^

tips aneh31 July 2013 13:01

menjadi pemimpin itu harus berwibawa dan berkharisma. :)

jiwa mati1 August 2013 05:38

|o| bener banget :-d

jiwa mati1 August 2013 05:39

bener banget bang hehehe :-d

Ira Refia Mardhiyah1 August 2013 06:26

Hmm, makasih gan infonya. Semoga diberikan banyak keberkahan atas ilmunya :) ,saya akan berusaha untuk selalu mencoba karena seorang pemimpin itu haus akan ilmu baru dan jadi pemimpin yang benar ^_^ amin

wah, keren mas artikelnya sampai di share 103x ke facebook, pgn dong dapat sebagian ilmunya, hehe..
jangan lupa kunjungan baliknya ya..

jiwa mati2 August 2013 05:44

hahah iya bang |o|

jiwa mati2 August 2013 05:45

AMIN .... |o|

Software Download11 August 2013 18:01

stuju banget gan

jiwa mati11 August 2013 21:42

ya gan |o|

siraunews.com26 August 2013 21:28

semoga ane ada jiwa pemimpin :D

jiwa mati27 August 2013 18:53

AMIN |o|

download-visual-basic-60.html2 September 2013 15:22

tips yang bagus :)
apalgi buat calon pemimpin :D thanks

comeback

jiwa mati2 September 2013 20:14

your welcome |o|

download-visual-basic-60.html5 September 2013 14:49

tips yang bermanfaat :)
pengen deh bisa jadi pemimpin yang baik :)

jiwa mati5 September 2013 19:31

AMIN |o|

Ilham Kurniawan24 September 2013 11:47

:-d

Ilham Kurniawan24 September 2013 11:49

minta artikelnya gan
=D

ahmadsyakur6 October 2013 11:37

setujuh

jiwa mati12 October 2013 08:05

:)

jiwa mati12 October 2013 08:07

boleh..yang penting cantumkan sumbernya

jiwa mati12 October 2013 08:08

|o|

huri21 October 2013 21:52

btul bgt,,saya setuju
tapi sayangnya saya masih kurang memenuhi untuk jadi seorang pemimpin

bintang kehidupan23 October 2013 20:31

Disini saya DIPILIH jadi pemimpin,
tapi Masalah kog ada aja.
Mau mundur, tapi itu Pengecut,
Mau maju, tp anggotanya ruet. .

jiwa mati27 October 2013 23:39

maju terus aja bang |o|

jiwa mati27 October 2013 23:44

jangan pesimis dong...PASTI BISA GAN :-d

uni sunarti29 October 2013 15:25

keren artikelnnya

jiwa mati31 October 2013 10:31

|o|

HafizFauzi.Com8 November 2013 17:43

Gan Tukar Link yuk!!

klo mau pasang link ane terus koment di blog ane ok ;)

jiwa mati12 November 2013 08:44

Iya..nanti gue tukar link..gw masih sibuk

24jamindo15 November 2013 10:55

artikelnya keren :-d
kunjungan baliknya http://24jamindo.blogspot.com
yang mau tuker link bisa juga disini,makasih

jiwa mati17 November 2013 13:59

ok

Awan Tekno20 November 2013 11:59

pemimpin haruslah bijak

jiwa mati20 November 2013 13:38

ya

Fauzian21 November 2013 13:01

Wis artikel yang bermanfaat..
Thanks Info nya :)

Whiky Indra28 November 2013 02:56

setuju doain sy jd pemipin yg baik....trmksh

Whiky Indra28 November 2013 02:57

ayo smgt teman2,,kita smua perlu bljr tuh jd leader,,,,,,

jiwa mati28 November 2013 22:01

ya :-d

jiwa mati28 November 2013 22:02

ok bang..tetap semangat |o|

jiwa mati28 November 2013 22:05

ayoooo |o|

Andrekocak Blog29 November 2013 19:06

Artikelnya Bagus gan :D
Jgn lupa Mampir Balik
Andrekocak Blog

Trik SEO Terbaru
Prediksi Angka Hari Ini
Cerita Dewasa Terbaru

Noenoenk14 December 2013 11:59

Wah baru mau jd pemimpin nih bro. Trims artikelnya bermanfaat banget, smg bs segera diterapkan

jiwa mati15 December 2013 08:09

ok..semoga berhasil :-d

jiwa mati15 December 2013 19:16

ya |o|

smart freen16 December 2013 22:39

thanks info nya gan

Andrew Nixasz20 December 2013 18:22

Clik Here:
http://cheat-codes-free.blogspot.com/

jiwa mati22 December 2013 20:05

:p

lily farianti30 December 2013 11:30

Bagai mana jadi seorang pemimpin di dalam suatu organisasi ? apakah juga sama tipsnya seperti yang di atas ?

Lintas Tutorial1 January 2014 15:26

keren bro tipsnya

jiwa mati2 January 2014 07:05

ya

Anonymous21 January 2014 15:44

=d

jiwa mati22 January 2014 08:47

:-d

kios fashion online murah7 February 2014 15:38

ok artikelnya

ijin praktekin om :)

jiwa mati7 March 2014 06:19

oke dah

wah manteb infonya gan :D makasih yaa

Agen Judi Bola Terpercaya13 March 2014 13:38

ini patut untuk dijadikan contoh nih =D

Info Cara Kesehatan13 March 2014 13:40

terima kasih banyak atas infonya sangat membantu sobat :)

Forum Bola Online13 March 2014 13:41

ijin nyimak gan :D

Dewa Bola13 March 2014 13:44

mantaab gaan :D

Fauzian14 March 2014 19:40

Ijin praktekin om :D

lukman4 April 2014 20:30

sipp postingnya gan

trik komputer16 April 2014 14:57

ijin saya praktekan sob,mudah-mudahan saya menjadi pemimpin yang baik =D

Lowongan CPNS 201423 April 2014 09:57

Terimakasih Banyak tipsnya ya, sangat bermanfaat

piala dunia 20146 May 2014 15:06

itu yang harus dilakukan para pimpinan bangsa kita gan

Keluaran Togel Hari Ini6 May 2014 15:08

15 langkah yang cukup bagus
jangan hanya duduk di DPR n korupsi

SapTALK.7 May 2014 22:00

tapi lebih baik jadi pemimpin yang tegas , krna apa gk semua orang bersifat dewasa . so , bisa saja dengan kepemimpinan yg terlalu akbrab dgn bawahan nya kita dapat dianggap teman biasa , tanpa ada rasa hormat. ini yg membuat gagalx kepemimpinan

saranku : ciptakan ketegasan disituasi apapun, untuk menumbuhkan sikap hormat dan patuh dalam atasan. Beri saran , masukan, dan kritik .

Forack7 May 2014 23:40

memang benar apa yang diutarakan tentang pemimpin yang baik
benar2 sangat bermanfaat gan

Belajar Blog dan SEO8 May 2014 21:28

terimakasih tipsnya sob... sangat bagus yang mau menjadi pemimpin hehehe...

jiwa mati28 May 2014 06:37

ya

jiwa mati28 May 2014 06:38

:-d

jiwa mati28 May 2014 06:38

ya

uji kir16 June 2014 00:28

Semoga pemilihan Presiden 22014 telah melalui ke15 langkah diatas dan buat teman-teman pembaca yang lain akan menguntungkan sekali jika bepergian menggunakan tour & travel jakarta, harga tiket pesawat yang murah dengan cara pemesanan serta pembayaran yang mudah. Dapatkan juga paket tour agar acara liburan keluarga teman-teman semakin meriah dan mengesankan. Simak juga artikel tips seo dari blog tutorial seo untuk meningkatkan bisnis online teman-teman semakin berkembang, serta bisnis jasa stnk merupakan suatu pekerjaan yang membantu masyarakat umum dalam hal pengurusan perpanjangan pajak kendaraan, mutasi / balik nama,, dll.

Trik Komputer24 June 2014 00:00

Nanti kalau misalkan saya menjadi seorang pemimpin saya usha'in deh menerpkan cara ini.. hehehe :D

spa jakarta1 July 2014 18:43

info untuk para pengguna Massage Jakarta yang sedang mencari Pijat & SPA Panggilan 24 jam Jakarta bisa mengetahui info lengkapnya di Aries Spa tinggal telpon langsung diangkat gan... khusus pria dan wanita lho... Pijat Panggilan Jakarta langsung check aja deh untuk menikmati Massage & SPA Panggilan 24 jam Jakarta ini

SPA Jakarta || www.massageariesjakarta.blogspot.com Massage Jakarta || Pijat Panggilan 24 jam

pelajaran sekolah4 July 2014 02:19

nice tips

Menjadi pemimpin itu adalah musibah.

kado ulang tahun12 July 2014 22:13

nice

Pengertian Seni Grafis19 August 2014 19:44

Wahh sepertinya asyk deh kalau bisa menjadi pemimpin terbaik itu ;)
:-bd saya pengen juga sih

Agen Judi Taruhan Bola Sbobet Togel Online Terpercaya

ibcbet3 September 2014 19:36

Pemimpin yang baik itu menurut gue " Pemimpin yang disegani, Bukan Pemimin yang ditakutin"

«Oldest ‹Older 1 – 200 of 204 Newer› Newest»

Post a Comment