Translate This Blog

Cara Menjaga Kesehatan Mata

Posted byUnknownonThursday 13 June 2013

Share on :
Mata merupakan jendela hati bagi setiap orang, lantas bagaimana anda memperlakukan mata dalam kehidupan sehari-hari selama ini ??

Bekerja lama di depan komputer, menonton televisi dirumah, beberapa kebiasaan buruk sering muncul dalam dua kegiatan tersebut tanpa kita sadari. Melihat dengan jarak yang sangat dekat juga mengucek mata karena merasa kelelahan.

Walaupun sepele, namun kebiasaan tersebut mempengaruhi kesehatan mata. Padahal memelihara mata merupakan investasi penting dalam kelangsungan hidup. Berikut beberapa tips menjaga kesehatan mata versi 2menitsaja

 

Lakukan senam mata

Caranya yaitu buka mata lebar -lebar kedua mata anda, putar mata arah ke kanan sebanyak 7 kali , lalu putar ke kiri sebanyak 7 kali. Jangan lupa putar kedua mata anda ke atas lalu ke bawah secara cepat sebanyak 7 kali. Terakhir, gabungkan semua pola pemutaran kedua mata anda secara cepat dan tepat sehingga saraf di mata anda berkontraksi secara maksimal.


Asupan gizi

Mengonsumsi ikan minimal dua kali seminggu adalah cara mudah menjaga kesehatan mata , menghindari dehidrasi dan penglihatan lebih tajam. Manfaat ini diberikan oleh asam lemak omega-3, lutein, dan zeaxanthin yang dibutuhkan mata. Jangan lupa mengkonsumsi vitamin A yang baik untuk mata anda.

Mengedip

Mengedipkan mata adalah olahraga ringan untuk mengendurkan saraf mata. Selain itu juga menjaga mata tetap bersih, menghilangkan debu serta kotoran yang menempel. Sebuah studi menyarankan untuk melakukan latihan mengedipkan mata  selama tiga kali dalam empat detik. Terutama bagi Anda yang banyak bekerja di depan komputer.


Relaksasi

Kamu dapat menggosokkan kedua telapak tangan untuk menciptakan efek hangat, kemudian meletakkannya pada mata sambil menggosoknya perlahan. Metode ini membantu relaksasi mata dan menghindari noda debu pada mata. Tapi, jangan terlalu kuat menggosoknya bisa menyebabkan iritasi mata terhadap benda asing.


Sinar Matahari

Sinar matahari tidak hanya dibutuhkan tulang, tapi juga mata. Sinar tersebut membantu meningkatkan kesehatan mata dan pupil dengan meregangkan otot-otot mata yang tegang selama 1 menit.


Pijat kepala

Memijat kepala sekali seminggu dengan minyak esensial dapat meningkatkan gelombang beta di otak bagian depan. Ini juga membantu penglihatan jadi lebih fokus.


Istirahat yang cukup


Sama juga tubuh kita, mata sangat perlu di istirahatkan. Istirahat yang cukup dapat membuat penglihatan kita lebih jernih daripada orang yang jarang istirahat sama sekali.

216comments

«Oldest ‹Older 201 – 216 of 216 Newer› Newest»
Update Dunia11 July 2015 at 03:08

Kalau pakai sinar matahari apa gak silau gan lama-lama, apalagi jam 12 siang. hehe :D

Fery15 July 2015 at 13:26

Sering mengedipkan mata kalo ketemu cewek cantik ;)

Pendaftaran CPNS 20153 September 2015 at 01:03

menjaga mata itu memang sangat penting, terima kasih atas infonnya

hotels resorts4 September 2015 at 03:17

ternyata begitu cara menjaga kesehatan mata. belakangan ini saya sering mengalami sakit mata, mungkin akibat sering main laptop

NdakJoleh27 September 2015 at 13:16

wah. informasinya sangat bermanfaat gan.

Nantikanlah3 October 2015 at 03:32

Informasi yang sangat baik dan sangat penting untuk disimak bagi kita yang sering menghabiskan waktunya didepan komputer.

touriedz8 October 2015 at 19:50

mantap infonya gan. mau ane coba terapin caranya

Tio Agung Rianto27 November 2015 at 01:40
This comment has been removed by the author.
MOG Design Blog27 November 2015 at 01:42

Waduhh berarti saya kurang asupan gizi untuk mata dong :(

MOG Design Blog

lord15 December 2015 at 09:17

artikelnya sangat bagus.. jadi tau caranya menjaga kesehatan mata.. thanks ya min
SINETRON ANAK JALANAN

Resep Kue30 December 2015 at 03:55

Artikel ini sangat bagus. Jangan lupa berkunjung ke website saya. Terimakasih!

Joko7 January 2016 at 16:56

mata merupakan alt vital yang penting, jadi wajib kita jaga

Harga Apartemen Padina Residence9 January 2016 at 18:54

Jeruk Lemon juga bagus banget buat mata, memang terasa sakit, yang penting pengunaanNya jgn terlalu banyak, cukup satu tetes saja hasilnya cukup memuaskan. Note.tidak disarankan untuk anak kecil.

Unknown13 October 2016 at 03:40

Berikut ini adalah cara untuk mengatasi anak yang sulit diberi makan

Cara Mengatasi Anak Susah Makan

«Oldest ‹Older 201 – 216 of 216 Newer› Newest»

Post a Comment